New Comments

Archive

Ampuhnya Komentar Dalam Meningkatkan Trafik

Tentu saja trik ini hanya untuk para newbie seperti saya yang trafiknya masih puluhan visitor per hari, dan bukan untuk para master SEO yang trafiknya sudah ratusan atau bahkan ribuan pengunjung per hari. Karena bagi para master SEO, tulisan ini pasti hanya jadi bahan tertawaan doang. Sudah menjadi pemahaman umum bahwa blogwalking dapat menaikkan trafik. Tapi kunjungan ini hanya bersifat reaktif karena kita meninggalkan jejak di buku tamu. Trafik yang kita dapatkan juga berupa jejak di buku tamu kita. Lantas buat apa nulis artikel di blog kalau ternyata ga ada yang baca. Nah trik ini selain membuat trafik naik tapi tulisan kita juga dibaca orang.
Beberapa hari terakhir ini, trafik blog ini meningkat dari sebelumnya yang rata-rata 10 pengunjung perhari dan jumlah page view yang sama perharinya meningkat menjadi rata-rata 40 pengunjung perhari dengan page view rata-rata 100 page perhari. Bagi seorang newbie seperti saya, angka tersebut sudah cukup menyenangkan bagi saya. Perasaan ini sama seperti ketika saya awal-awal menerapkan blogwalking dalam mendatangkan pengunjung. Pertama kali menerapkan blogwalking saya pernah memanen 30 kunjungan dari 60 kunjungan yang saya lakukan pada blog lain. Tapi begitu saya kurangi blogwalking menjadi sekedarnya, pernah blog ini hanya dikunjungi hanya 3 orang dalam sehari. Disinilah letak kelemahan teknik blogwalking.
Beberapa hari terakhir saya menggunakan teknik agak berbeda. Blogwalking saya lakukan dengan dikombinasikan dengan memberi komentar pada tulisan terbaru pada tiap blog yang saya kunjungi. bahkan saya minta mereka menghubungi jika ada artikel update. Secara mengejutkan, dengan melakukan hal ini, seluruh blog dengan nasib trafik yang hampir sama, masih puluhan pengunjung perhari, hampir semuanya melakukan kunjungan balik dan 70% juga menuliskan komentar di artikel yang saya tulis. Yang 30% adalah blog para master yang trafiknya sudah mencapai ratusan atau bahkan ribuan perhari. Mungkin mereka terlalu sibuk mengurusi pengunjung lama mereka. Mereka tidak melakukan kunjungan balik.
Yang lebih menarik adalah trafik dengan menggunakan teknik komentar ini relatif lebih bertahan. Pada hari sabtu kemarin, lampu di tempat saya mati hampir seharian. Menjelang malam saya kunjungi blog saya sebentar sebelum pulang kerja sekalian posting artikel ringan, ternyata trafiknya relatif stabil. Dan keesokan harinya, pada hari minggu karena ada kegiatan keluarga pagi saya hanya posting kemudian saya offline sampai malam. Ketika malam saya kunjungi blog saya, trafiknya tetap relatif stabil. Tapi malam itu saya kunjungi balik beberapa blog yang mampir dan meninggalkan sedikit "penghargaan" atas karya dan jerih payah mereka menulis dengan memberikan komentar. Mari kita budayakan menghargai karya para blogger dengan meninggalkan komentar!

6 komentar:

uang dari internet mengatakan...

iya mas saya juga udah ngarasain nikmatnya trafik dari ngasih blogwalking sekaligus ngasih komentar bahkan alexa rangking ku juga naik gara-gara itu loh,dulu alexa rangkingku sekitar 12 jutaan sekarang
udah sekitar 1 jutaan.trimakasih atas sharenya...btw posting cara membuat reviews di ximmy.com udah tak buatin tuh..mampir aja...

Pascal mengatakan...

Wew bener banget bos, komen memang mampu membangun pengunjung yang banyak, mau komen lagi ah....

ngatini mengatakan...

wah...postingannya berguna juga nih, semoga aku bisa ikut menerapkan..doakan saya

penyu mengatakan...

Saya juga ngandalin trafik dari blogwalking hehehe sekalian nambah temen :D

Rofi mengatakan...

wah mantab bro...suka nih gw artikelnya ..coba ah bro..pertama buat bro nih hehehe sekalian tukaran link bro..gw langusnk ambil yah..ntar link balik ok..

Romi's Blog mengatakan...

blogwalking itu emang bagus tapi harap dicatat,jika ninggalkan comment pd blog yg kita kunjungi jangan hanya sekedar comment,yg salah2 bisa dianggap nyepam.Tapi berikanlah comment yg relevan dengan topik postingan blog yg dikunjungi.karna apa? jika kita memberikan comment yg relevan dg judul postingan,besar kemungkinan akan banyak orang yg membahasnya dan itu akan menjadi perhatian pemilik blog tersebut.dan...ini akan menunjukan kredibilitas anda sebagai blogger.
Kembali ketujuan kita membuat blog itu untuk apa.

PEACE....MAN ( V )