New Comments

Archive

Benar, Ternyata Banner Link Tidak Diperhitungkan sebagai Backlink oleh PageRank

Beberapa waktu yang lalu saya ingin mengetahui berapa backlink saya. Sebagaimana yang bisa dilihat secara kasat mata, beberapa hari yang lalu PR blog ini pecah telornya menjadi 1. Memang masih sangat kecil, tapi bagi saya yang seumur-umur PR cuma telor bundar, maka peningkatan menjadi 1 sudah lumayan. Maka saya melakukan browsing ke paman Google tentang mengecek backlink blog ini. Saya memang menemukan apa yang saya inginkan, tapi dalam daftar browsing di Google saya menemukan judul posting yang sama yang banyak tersebar tentang "Banner Link Bukan Backlink". Ternyata tulisan ini karya mas Cosa yang terkenal itu. Sempat sewot juga sih, karena udah nanam baner link kemana-mana. Tapi pernyataan dari tulisan artikel itu hanya dikuatkan dengan mengutip pendapat penulis barat. Akhirnya saya bertekad mencari sendiri dasar kebenaran tulisan ini. Kalau belum empiris rasanya kurang sreg. Akhirnya, apa yang saya takutkan kayaknya benar. Ini buktinya.
Saya ngecek backlink saya di backlinkwatch.com. Kalau mau lihat screenshootnya ntar nyusul deh. Disana disebutkan jumlah backlink saya cuma 22. Padahal aku yakin menanam lebih dari itu. Awalnya bingung juga, karena ada beberapa bukti bahwa banner link saya juga mendapat baclink. Tapi, saat aku cermati daftar situs/blog yang memberikan backlink ke blog ini, ada banyak blog yang udah aku tanam banner linknya tapi tidak terdapat baclink dari blog yang bersangkutan. Aku jadi curiga, apa mereka menarik banner blog saya ? Aku cek ke TKP, ternyata banner blog saya masih nampang di blog mereka. Apa ya yang menyebabkan saya tidak dapat backlink, padahal banner blog saya ada yang memberikan backlink. Bingung. Coba teliti lebih lanjut dan akhirnya kayaknya menemukan jawaban.
Ternyata backlink yang saya dapat untuk blog ini hampir semuanya dari blog yang dofollow. Ada yang karena tukar link, namun kebanyakannya adalah dari memberi komentar. Ada satu blog yang masuk dalam daftar backlink tapi nilainya tidak ada (nol) sehingga tidak diperhitungkan oleh Page Rank. Sedangkan semua banner/chicklet blog saya yang lain tidak mendapatkan backlink sama sekali. Wah berabe nih, makanya meski saya berhasil mendapat tukar link dengan blog yang PRnya tinggi, backlinknya tidak masuk sehingga PR saya tidak seperti yang saya harapkan.
Maka dari hal ini saya mengambil kesimpulan bahwa banner blog tidak akan diperhitungkan sebagai backlink oleh Pagerank. Mungkin yang didapat cuma traffic. Maka kalau ingin dapat backlink dari tukar menukar link, sebaiknya dalam bentuk text link aja. Bisa diletakkan di halaman posting atau di sidebar. Tapi kalu ditaruh di halam posting kekurangannya, rekan yang dilink tidak dapat langsung melihat link dia terpasang atau tidak. Tapi kalau di sidebar, maka ia bisa selalu ngecek linknya terpasang atau tidak, tapi ia akan menyita tempat. Script blogroll bisa sangat membantu. Atau juga dapat ditaruh di footer. Terserahlah yang penting bentuknya adalah text link. Tapi ingat, ini hasil analisa saya. Tapi kalau ternyata ada yang bisa memberikan pembuktian yang lain silahkan kasih komentar disini, kita bisa mendiskusikannya lagi.
Maka mulai sekarang saya akan mensosialisasikan hal ini dengan memasang banner peringatan. Dan memberikan kodenya bagi mereka yang sependapat dengan saya. Saya berharap teman-teman dapat mensosialisasikan ini karena kasihan kan sudah tukar menukar begitu banyak link tapi ga dapat baclink. Beberapa bukti lebih akurat akan saya post di kesempatan mendatang atau dengan mengupdate postingan ini. Bagi teman-teman yang ingin turut mensosialisasikan ini silahkan copy paste tulisan ini dengan tetap menyebutkan sumbernya. Sekalian pasang banernya di sidebar blog anda. Tinggal copy kodenya di sidebar saya. Thanks atas kepeduliannya.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

terimakasih, artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
http://internet-web.infogue.com/
http://internet-web.infogue.com/banner_link_tidak_diperhitungkan_dalam_google_pagerank

anda bisa terus promosikan artikel anda di infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita dan beberapa pilihan widget lainnya yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

Anonim mengatakan...

Uwwwwaaaaahhhh....gawat!!!!!!!!!!!!

Haruz disebarin nieh!!!!

Saya kopi ya maz!!!! Tak tuliz sumbernya ogh....sante aja.

Anonim mengatakan...

masak cuma segitu mas backlinknya. coba saat ngecek, pas masukin URL samepan gak usah pakai www.