New Comments

Archive

Pengalaman Service Center HP Lenovo



Pengalaman ini terjadi sekitar sebulan yang lalu. Jadi kurang dari setahun yang lalu saya membelikan HP android untuk ibu saya sebagai hadiah ulang tahun. Saya lupa tipenya tapi seperti yang foto hape lenovo diatas, karena begitu beli di Plaza Marina Surabaya langsung saya antar ke rumah ibu saya. Oh ya.. saya tidak tinggal serumah dengan ibu saya karena saya sudah punya keluarga sendiri.

Tentu saja bagi ibu saya yang usianya sudah diatas 50 tahun, memiliki hape android yang layar sentuh dianggap cukup gaya, terutama bagi teman-teman kerja ibu saya yang rata-rata masih pakai hape jadul yang hanya bisa sms dan telpon doang. Tapi bukan ini inti ceritanya, tapi pada kejadian kerusakan LCD yang terjadi beberapa bulan kemudian.

Jadi setelah download banyak game android, untuk menyenangkan keponakan saya yang masih PAUD, tanpa diketahui sebabnya suatu hari LCD hape Lenovo itu banyak muncul garis putih lebih dari separuh layar, sehingga sebagian besar layar tidak bisa kelihatan aplikasi-aplikasinya. Saya ditelpon ibu saya menanyakan berapa biaya service hape tersebut. Kemudian saya jawab "kan masih ada garansi, saya coba bawa dulu.."

Sebenarnya saya ragu apa bener kerusakan ini akan bisa diganti gratis, karena sebelumnya saya juga pernah punya pengalaman service hape android merk lokal ketika trouble nunggu service selesai sampai hampir 2 bulan, sehingga hape yang masih baru tidak bisa difungsikan selama masa service. Dan tidak sekali itu servicenya, sehingga ketika ada gangguan saya biarkan saja. Maka saya bilang ke ibu saya, semoga bisa gratis.

Ketika tiba di Lenovo Service center di jalan Gubeng Surabaya, tepatnya label gedungnya Globalindo di lantai 2, sebelahan dengan Blackberry Service Center. Diterima oleh mbak yang jaga, dan diberitahu akan dicek dulu apakah kerusakan memang berasal dari pabrik atau pengguna, katanya kalau memang dari pabrik akan diganti gratis. Saya sudah berpikir.. "wah.. mana mau mereka mengakui itu karena cacat produk, karena sudah dipakai sekitar 3 bulanan". Kemudian si mbak bilang disuruh nunggu sekitar 30 hari kerja dan diminta ninggalin nomer telpon nanti dihubungi jika sudah selesai. Tapi saya tidak percaya, selama ini saya sering baca di internet kalau no service center hanya sekedar pajangan, ga bisa dihubungi, atau ga pernah diangkat jika dihubungi. Kita harus datang langsung untuk cek.

Akhirnya saya menunggu, semoga benar-benar 30 hari selesai, karena saya juga sering baca, service center di luar Jakarta, barang rusak akan dikirim dulu ke Jakarta, dan biasanya sering lebih dari sebulan. Saya bilang ke ibu aku kalau ada kemungkinan lama, bisa lebih sebulan.

Akhirnya suatu hari, sekitar 3 minggu dari saya ke service center, hape saya menerima sms dari nomer yang tidak saya kenal, tapi isi pesannya yang membuat saya tertegun. Disitu disebutkan bahwa hape lenovo saya sudah bisa diambil pada jam kerja. Wow.. Lenovo Service center bener-bener hubungi pelanggan seperti saya. Karena hari itu masih sibuk, baru besoknya saya ke service center tuk ambil hape saya. Dan ternyata LCD diganti baru tanpa ongkos dan biaya apapun. Jadi pelajaran berharga, kalau beli hape brand dari luar ternyata pelayanan purna jualnya sangat bagus.

Sekarang ini saya sedang was-was karena tablet Advan T5E yang saya beli di Plaza Marina, waktu dicek di toko ga ada masalah, tapi sampai di rumah saya chas baterei selama 4-5 jam, pas dinyalain ada death pixel 1 titik. Wah gimana ya pelayanan Advan Service Center..

0 komentar: