New Comments

Archive

Dropshipping - Jualan Online Tanpa Modal


Jualan selalu identik dengan untung dan rugi. Ada yang untung sehingga bisnis jualan terus berkembang dan bisa menjadi mata pencaharian hidup. Namuna ada juga jualan yang hanya menjadi kerja sampingan karena kita sudah punya pekerjaan yang tetap dengan penghasilan yang lumayan, sayang jika ditinggalkan begitu saja. Namanya jualan online. Produknya bisa apa saja, mulai barang yang memiliki bentuk fisik, sampai hanya sekedar jasa tanpa bentuk barang fisik.

Jika untung, maka penghasilan jualan online bisa menjadi tambahan penghasilan yang menggiurkan, bahkan tidak jarang beberapa para penjual online meninggalkan pekerjaan offline karena ingin lebih fokus di jualan online karena mendapatkan prospek yang jauh lebih baik. Namun tidak jarang juga beberapa orang yang baru memulai jualan online dengan modal yang tidak sedikit akhirnya gulung tikar dan menggeluti kembali pekerjaan offline yang sebenarnya juga kurang prospek.

Nah.. kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang jualan online tanpa modal, namanya Dropshipping. Namun dalam bisnis sehari-hari bisa dibilang ini adalah pekerjaan broker online, jadi kita ngejualin barang orang dan mengambil keuntungan dengan hasil penjualan kita. Kelebihannya sistem ini adalah kita tidak perlu memiliki modal atau melakukan stok barang, karena kita tinggal komunikasi online via hape atau blackberry. Dan barang yang diorder oleh pembeli kita, pemilik barang (suplier) juga yang kirim, kita terima jadi, dan kemudian mendapatkan keuntungan masuk ke dalam rekening bank kita.

Jika diurutkan secara kronologis, mungkin begini:
  • Kita mempromosikan barang jualan kita melalui blog, forum, group wa atau group bbm, dll.
  • Pembeli order ke kita dengan harga yang kita sudah dapat keuntungan. jadi harga yang kita pasang terserah kita, yang pasti lebih tinggi dari harga yang kita dapat dari suplier kita.
  • Pembeli transfer pembayaran plus ongkos kirim ke rekening bank kita.
  • Setelah menerima order, kita pesan ke suplier kita agar barang dikirim ke pembeli kita dengan menggunakan nama, toko online, alamat dan no hape kita. Jadi pembeli mengira kita yang mengirim barang.
  • Sebagai bukti pengiriman barang kita akan menerima no resi pengiriman, yang nantinya resi ini kita berikan kepada pembeli kita sebagai bukti bahwa barang telah dikirim.
  • Setelaj barang diterima, maka proses jual-beli dianggap selesai dan kita mendapatkan keuntungan dari selisih uang yang dibayarkan pembeli dengan uang yang kita bayarkan ke suplier.


Mudah bukan.. ayo mencoba, toh tanpa modal uang kan, kita ga akan rugi tuk mencoba. Selama satu setengah tahun ini saya menggeluti dunia jual-beli online tanpa melakukan stok barang. Dan alhamdulillah hasilnya sangat menjanjikan..

0 komentar: