New Comments

Archive

Perhitungan Google Pagerank Tidak Konsisten

Selama ini kita menerima doktrin bahwa perhitungan pagerank didasarkan pada backlink dan konten. Backlink yang berkualitas dikarenakan one way link, berasal dari page/blog yang berpagerank tinggi serta dari blog yang sejenis akan mendapat nilai yang lebih tinggi. Blog yang memiliki update teratur dan melakukan ping setelah update juga berpotensi mendapatkan pagerank lebih tinggi. Hasil eksperimen saya ternyata sebaliknya. Nah loh..
Saya telah bereksperimen dengan menggunakan 3 blog berbeda dengan perlakuan yang berbeda. Berikut ini yang saya lakukan.

1. Blog Pertama
Saya mengumpulkan backlink dengan melakukan pertukaran link. Untuk memastikan backlink saya menggunakan text link. Dalam pertukaran ini saya membatasi pada blog sejenis. saya juga rajin berkomentar pada blog dofollow. Trafik saya mengalami peningkatan sangat signifikan meski masih dibawah 100 pengunjung per hari. Hampir tiap hari saya melakukan update post. Data terakhir sebelum update Google melalui 3 backlink checker saya mendapatkan backlink 404 selama tiga bulan ini, dengan modal backlink hanya 64.

2. Blog Kedua
Selama tiga bulan saya tidak lagi melakukan tukar menukar link. Hanya mengandalkan pertukaran baner link sebelumnya dan tidak memperhatikan kategori/jenis blog, kebanyakan blog PR0 yang ketika update PR bulan April blog ini tidak mendapatkan PR. Update blog tidak teratur, kadang sehari udah update, kadang seminggu, bahkan sebulan terakhir hanya 2 minggu sekali. Trafik snagat rendah, tidak sampai 10 pengunjung perhari. Data terakhir sebelum update melalui 3 backlink checker blog kedua ini mendapatkan 65 backlink.

3. Blog Ketiga
Blog ini saya isi posting berjejal, sehari bisa 3 posting dan saya lakukan hanya seminggu pertama setelah itu tidak ada posting lagi. Saya tidak blogwalking, juga tidak tukeran link. Sampai sesaat sebelum update, tidak ada backlink yang masuk.

Dengan keterangan diatas, menurut anda blog mana yang mendapatkan pagerank tertinggi? Silahkan cek jawaban anda dengan hasil eksperimen saya ini yang bisa anda temukan di kolom KOMENTAR.

8 komentar:

Duit Gratisan mengatakan...

Blog pertama PR2, Blog Kedua PR3 dan Blog ketiga PR0. Secara logika umum harusnya blog pertama yang tertinggi, tapi ternyata tidak. Jangan-jangan karena terlalu banyak yang harus diupdate, Google update sekenanya..

EbookFree mengatakan...

pada pandangan saya bro, memang ada betul bro katakan itu... Jika tiap2 hari buat entry, ia tidak terus terindex atau diambil oleh google sebagai content yang baru. Tapi harus dibiarkan lama sedikit supaya terindex contentnya... harap betulkan kalau saya bisa salah

alief mengatakan...

mungkin nie ya...., hanya pendapat aku . kalau tiap hari update, sementara pihak google kan tidak tiap hari dateng bertamu ke blog kita, jadi ada yang terlewat sama dia, mohon koreksi....

Mr. KoEcheL mengatakan...

Emang tuh google nggak konsisten. Mana GA gue di Banned trus PR gue masil nol (O) besar, kok nggak lulus2 ya.ntar laporin KPK aja

Duit Gratisan mengatakan...

EbookFree>> Agar posting kita terindeks oleh paman Gober, eh paman Google, lakukan ping setiap kali update.

alief>> Sama dengan yang diatas

Mr. KoEcheL>> PR ga pernah dikerjakan ya ga bisa naik kelas mas. Atau nyontek doang kali. Aku bilangin pak guru loh.

Faisal Rahadian mengatakan...

Blog saya yang FRee DOwnLOad mirip blog no.2 itu, tukarlink asal aja, posting 2 hari sekali. PR bertahan di 3

Yusa Indera mengatakan...

Iya bener mas..harus nya menurut sy sih yg paling banyak tukeran linknya ya.. tapi malah yg ga pernah tukeran link naik drastis kan.. cuma menurut sy pasti google ada pertimbangan lain mas..

Jimmy Kurnia Indradjaya mengatakan...

Bagi saya pribadi PR memang penting dan masih banyak dilihat terutama oleh pebisnis online sebagai hal yang bergengsi. Namun hal itu tergantung kita berada dijenis binis apa. Kalau kita bermain di paid review dan text link ads memang PR menjadi daya tarik. Namun bils kita ingin mendatangkan trafik maka yang terpenting adalah SEO kata kunci situs bersangkutan. Karena kalau yang dibidik bukan kata kunci untuk pebisnis online maka PR tidak menjadi terlalu berarti bagi mereka. Yang terpenting situs kita berada dihalaman satu dan teratas di mesin pencari untuk kata kunci tertentu maka trafik yang tertarget yang datang mengunjungi anda. Sering kali saya melihat situs pada peringkat 1 dimesin pencari untuk kata kunci tertentu bahkan tidak mempunyai PR.