New Comments

Archive

Tips Keamanan E-Gold

E-Gold sebenarnya memiliki sistem yang terjaga keamanannya dengan Secure Server 128 bit SSL. Namun demikian tidak jarang kita temukan/membaca kasus-kasus pencurian e-gold. Kenapa hal ini terjadi, apakah sistem keamanan e-gold mudah ditembus oleh hacker ? Wah, dolar kita yang kita simpan apakah sewaktu-waktu dapat diambil para hacker tanpa kita bisa berbuat apa-apa ? Apalagi sekarang marak orang berjualan script sedot e-gold. Bahkan beberapa menyediakan download script hack e-gold gratis.
Tunggu dulu, kita ga perlu panik. Berbagai iklan/promosi tentang script sedot/hack e-gold itu sebenarnya ga ada. Itu hanya gaya baru dalam penipuan. Baca posting saya sebelumnya tentang ini. Sebenarnya yang menyebabkan hilangnya e-gold kita tidak lain adalah karena keteledoran kita sehingga orang lain/hacker bisa tahu password account e-gold kita, alamat email dan password email account e-gold kita. Bagaimana ini bisa terjadi, tentang hal ini akan saya posting khusus pada berbagai trik hacking email dan password orang lain.
Yang perlu anda ketahui, sebenarnya :
1. Sistem yang ada pada E-Gold.com, seperti database, webserver, hardware, firewall, dsb, adalah aman. Dengan kata lain hampir dikatakan hampir mustahil bagi pihak luar entah itu hacker, cracker, dsb, untuk mengakses dari luar atau menembus sistem keamanan dari E-Gold dan kemudian melakukan perubahan data. Bahkan admin E-Gold sendiri tidak mempunyai akses terhadap hal tersebut tersebut karena passphrase E-Gold di-encrypt dan tidak dapat terbaca di komputer.
2. Yang dapat dilakukan oleh hacker adalah menembus melalui kelemahan sistem user (pemakai E-Gold) dengan memanfaatkan kecerobohan dan ketamakan si pemakai E-Gold. Dengan mengirimkan email penipuan atau iklan yang terlalu menggoda sehingga tanpa kita sadari kita menunjukkan password, alamat email beserta passwordnya pada orang lain. Hal ini sama dengan mengirim pesan : Silahkan ambil E-Gold Saya ! Beberapa trik seperti ini adalah dengan jualan script hack/sedot e-gold atau iklan penggandaan e-gold

Ada dua tahap sistem pengamanan yang harus kita lakukan sebagai pemakai jasa E-Gold, yaitu pengamanan sistem komputer kita (yang terhubung dg internet) dan pengamanan sistem E-Gold kita.

A. PENGAMANAN SISTEM KOMPUTER
1. Jika anda menggunakan OS Windows. Pastikan bahwa windows live update Anda selalu aktif. Dan Anda harus terus mengikuti update (terutama untuk security update windows). Langkah ini adalah penting dan harus dilakukan. (tanpa security update, Windows anda akan rawan dari virus ataupun spyware dsb). Tapi tentu saja, langkah ini tidak murah. Karena dengan melakukan update anda akan terkoneksi dengan sistem microsoft yang bisa mendetect apakah OS anda asli atau tidak. Jika tidak, maka Microsoft bisa membacklist OS anda sehingga anda harus install lagi, atau beli OS yang asli yang harganya ratusan ribu bahkan sampai jutaan rupiah. Tapi jika anda tidak berkenan, lewati saja langkah pertama ini.

2. Gunakan Antivirus, Antispyware, dan Firewall. Contohnya anda dapat gunakan dari (Norton, McAffe, Zone Alarm, dsb). Namun semua software proteksi inipun harus selalu diupdate, Supaya mampu menangkal virus2 ataupun spyware yang selalu baru bermunculan. Selama ini saya selalu sukses dengan menggunakan Kaspersky versi 6.0. Updatenya gratis di www.Kaspersky.com. Untuk mendapatkan key number yang bertahan sampai tahun 2010 hubungi saya via email.

3. Gunakan software system recovery yang senantiasa dapat mengembalikan keadaan system anda setiap kali anda mematikan komputer secara otomatis. Saya biasa pake DeepFreeze. Anda harus pastikan dulu bahwa komputer anda bebas dari virus, worm, keylogger, dll sebelum nginstal software ini. Dengan sofware ini kita bisa ngatur, drive mana yang hendak kita jaga. Pada umumnya cukup drive C tempat kita menyimpan sistem kita. Tapi ingat, jangan menyimpan data apapun pada drive yang di-freeze, karena setiap komputer restart, data secara otomatis akan dihapus, termasuk juga virus. Saya akan posting secara lengkap tutorial.

3. Saat anda surfing pastikan firewall anda aktif. (Tapi di komputer saya, langkah ini tidak saya lakukan karena sudah ada Kaspersky dan DeepFreeze).

B. PENGAMANAN SISTEM E-GOLD
1. Pemilihan Password : Gunakan konfigurasi Huruf Besar, Huruf Kecil Dan Angka. Semakin panjang dan tak beraturan semakin bagus (asal anda juga jangan sampai lupa). Dengan kombinasi huruf besar, kecil dan angka, bahkan pemecah password paling handal sekalipun butuh waktu berhari-hari tanpa henti untuk mengcrack password anda.

2. Jangan pernah menggunakan password E-Gold untuk program-program atau situs-situs lain di internet. Ingat password E-Gold hanya untuk E-Gold saja. Hacker terkadang juga tidak tahu pasti password kita, mereka terkadang juga menggunakan sistem coba-coba dengan pengetahuan yang mereka miliki tentang kita.

3. E-Gold memberikan fasilitas SRK, yg bisa anda gunakan untuk memasukkan password saat login. Selalu gunakan fasilitas ini untuk login. Jangan diketik langsung atau melalui copy paste. Hal ini membantu mengatasi jika ada spyware sejenis keylogger di sistem komputer anda.

4. Selalu pastikan bahwa URL yg diakses adalah https://www.e-gold.com/ sebelum anda memasukkan password/phasphrase. Ada beberapa website penipu yang sering dapat mengelabui kita, seperti : www.e-qold.com, www.egold.com, www.e_gold.com, dll

5. Pemilihan E-Mail untuk registrasi di E-Gold : Gunakan atau buat 1 email khusus untuk e-gold saja, dan jangan gunakan email tsb untuk program2/situs2 lain di internet. Jadi hanya Anda sendiri dan e-Gold saja yg mengetahui alamat email tersebut. Anda bisa gunakan E-Mail Yahoo dan Google atau E-Mail dari provider atau kantor anda, jangan gunakan E-Mail yang tidak jelas juntrungannya karena dapat berbahaya bagi account E-Mail anda.

6. Pengaturan konfigurasi E-Gold.
Selain menggunakan user/pwd E-Gold menambah lapisan sistem keamanan dengan mendeteksi perubahan IP dan Browser dari pengakses. Dan jika terjadi perubahan IP/Browser maka e-Gold akan mengirimkan PIN untuk autorisasi. Pin ini akan dikirimkan ke E-Mail yg anda gunakan saat awal register atau yg tercatat di profile e-Gold anda. Sistem pendeteksian ini dapat anda rubah di account info anda. Namun Untuk keamanan sebaiknya jangan di-utak atik karena statusnya adalah sudah otomatis enabled (aktif) dari permulaan anda membuat account E-Gold, anda juga bisa cek untuk memastikannya terlebih dahulu.

Kesimpulan : Akftifkan sistem pendeteksian IP dan Browser di setting e-Gold anda bila dalam keadaan mati.

Bersikap Hati-hati Dan Waspada
1. Jika Anda menerima E-Mail atau melihat situs yang isinya mengajak Anda untuk meng-update account E-Gold anda dengan penawaran hadiah atau memberitahu bahwa ada masalah dengan account E-Gold anda, jangan pernah diklik atau pun diikuti. Walaupun E-Mail tersebut baik address nya dan model nya seperti E-Gold, jangan pernah anda pedulikan karena ini adalah penipuan.

E-Gold hanya mengirimkan 3 jenis email saja. Yaitu pemberitahuan PIN, pemberitahuan adanya registrasi baru (downline anda) dan pemberitahuan jika anda menerima spend langsung. Dan E-Gold tidak pernah sekalipun mengirim email untuk meng-update data-data account Anda. Jadi ingat baik2.

2. Pastikan selalu bahwa browser anda mengakses ke URL dengan awalan https://www.e-gold.com. Jika browser anda mengakses ke alamat selain itu segera tinggalkan website tersebut dan jangan diikuti. Itu berarti website/situs tersebut bukan e-gold.com. Untuk memastikan alamat yg anda akses benar bisa dilihat melalui address bar, ataupun klik kanan(mouse) dan coba lihat properti page tersebut. Jadi sekali lagi intinya anda harus memastikan bahwa yang anda akses url nya memiliki awalan https://www.e-gold.com

3. Mengakses E-Gold dari warnet adalah tidak direkomendasikan, karena komputer tersebut sifatnya dipakai untuk umum dan Anda juga tidak tahu jika telah dipasang spy (keylogger) di komputer2 tersebut. Jadi anda harus ekstra hati2 bila ingin melakukannya, anda mesti ingat memakai SRK untuk memasukkan passphrase setelah selesai bersihkan selalu komputer yang telah anda pakai membuka Account E-Gold sebelum Anda tinggalkan dengan menghapus semua data yang ada di directory C:\WINDOWS\Cookies, C:\WINDOWS\History dan C:\WINDOWS\Temporary Internet Files. Kalau anda memakai browser seperti Mozilla FireFox anda bisa pakai pilihan "Clear Private Data pada menu Tools.

4. Jika anda banyak mengikuti program-program seperti HYIP (High Yield Investment Program) atau situs internet yg menggunakan E-Gold. Anda harus berhati-hati jika melakukan download dan install program yang tidak jelas. Ada baiknya anda menggunakan 2 windows(OS). satu untuk program-program dan situs saja, dan satunya untuk akses E-Gold.

5. Jangan membeli Script Hack E-Gold atau membuat Script yang disarankan oleh siapapun karena ini adalah penipuan, salah-salah E-Gold anda yang kena hack buat nge-hack E-Gold orang.

6. Selalu mengikuti panduan tips resmi dari e-Gold, luangkan waktu anda untuk membaca di url. https://www.e-gold.com/securitynotes.html dan anda juga sebaiknya selalu luangkan waktu juga untuk membaca-baca tips dan artikel keamanan surfing di internet.

7. Buatlah 2 rekening E-Gold atau lebih kalau anda menyimpan dana yang banyak di E-Gold, satu untuk saving account dimana account tersebut untuk menyimpan dana yang nilainya besar dan jangan dipublikasikan, sedangkan account yang lain (account payment) digunakan untuk investasi di situs HYIP atau untuk pembayaran. Ini dilakukan untuk mencegah kerugian yang besar bila ada HYIP yang bertujuan jelek dengan mencoba meng-hack account E-Gold anda. Lakukan transfer dari saving account, ke account satunya , baru kemudian dari account satunya tersebut anda "spend" ke program HYIP tempat anda ingin melakukan investasi.

8. Jangan ragu atau malu untuk bertanya kepada teman atau siapapun yg anda rasa lebih senior dan mengetahui bagaimana cara mengamankan account E-Gold. Jika anda pemula lebih baik mempelajari dulu semua tentang E-Gold. Dan tidak memasukkan dana yang besar.

Mungkin tips dan cara-cara diatas agak merepotkan. Namun seyogyanya lebih baik dilakukan sebagai tindakan preventif untuk menghindari hal-hal yg tidak diinginkan. Kalau anda mengikuti pedoman di atas dapat dipastikan account E-Gold anda aman 100%.

Kalau Anda Lupa PassPhrase

Pada saat registrasi di E-Gold sebaiknya anda mengisi alamat rumah yang sebenarnya karena apabila anda lupa password loginnya maka satu-satunya jalan untuk mendapatkan password baru adalah dengan mengirim email ke E-Gold dan E-Gold akan mengirim password baru ke alamat anda melalui surat/pos (tidak bisa melalui email). Jadi bila alamat anda salah atau tidak jelas, sebaiknya anda ubah (edit) kembali supaya surat bisa diterima anda dengan aman bila terjadi hal tersebut.


Terinsprirasi dari : Sentra E-Gold - Bandung ET Community

8 komentar:

Anonim mengatakan...

Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
http://www.infogue.com/
http://www.infogue.com/software/tips_keamanan_e_gold/

Anonim mengatakan...

Terima kasih. Aku langsung ke TKP

Anonim mengatakan...

Terima kasih buat tips keamanan egold. Saya pernah mengalami, egold di curi tapi untungnya waktu itu yang tersisa hanya $5 dan yang lain udah di pindah ke account egold yang lain yang tidak saya pakai untuk kemanapun.

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
mclagl mengatakan...

say mau daftar di e-gold tapi tidak bisa

mclagl mengatakan...

saya mau daftar di e-gold tapi tidak bisa

mclagl mengatakan...


bantu saya dong daftar di e-gold