New Comments

Archive

Isu E-Gold Bakal Ditutup


Santernya kabar bahwa E-gold bakal ditutup banyak bikin pusing mereka yang punya account E-gold. Apalagi mereka yang hobi cari duit gratisan di internet. Karena pundi-pundi dollar gratisan aku simpan di E-gold, mau-ga-mau aku harus cari informasi. Bagi teman-teman yang pingin tahu kabar terbaru tentang hal ini. Silahkan ikuti perkembangan terbaru tentang E-gold dan sekalian analisa saya akan masalah ini. Bagi teman-teman yang punya informasi tentang hal ini silahkan tinggalkan komentar.
April tahun lalu, katanya pengadilan Amerika telah memanggil petinggi E-gold.com ke pengadilan untuk mempertanggung-jawabkan berbagai tuduhan sehubungan dengan money loundry, penipuan credit card dan berbagai tindakan kriminal lainnya. Bahkan investigasinya melibatkan berbagai agen khusus seperti FBI dan Security Service. Ini bukan pertama kalinya E-gold.com menghadapi tuduhan dan proses pengadilan yang seperti ini.
Nah... Apakah hal ini menandakan bahwa E-gold akan segera gulung tikar ?
Menurut saya ada beberapa informasi lain yang kita bisa gunakan untuk menganalisa hal ini dan ga perlu panik duluan.
  1. Tinjauan Hukum. Egold.com sebenarnya sudah menghadapi berbagai tuduhan pengadilan sejak tahun 1986, tapi setiap kali itu pula dan sampai sekarang, mereka lolos dari jerat hukum dan masih bisa melayani berbagai nasabahnya yang jumlah jutaan dan tersebar ke seluruh dunia. Proses yang panjang dan berkali-kali menunjukkan betapa sulitnya membuktikan tuduhan money loundry dan berbagai tuduhan kriminal lainnya. Kayaknya UU Cyber Crime belum benar-benar mampu menyentuh sisi bisnis yang menjadikan dunia maya sebagai medianya. Proses transfer uang melalui E-gold sebenarnya bukanlah proses yang bersifat fisik. Ketika uang dari bank ditransfer ke E-gold.com atau sebaliknya, bentuk uang yang fisik berubah menjadi virtual. Aliran transaksi yang terjadi menjadi begitu rumit untuk ditelusuri, apalagi menyangkut perbankan, yang mana agen sepenting atau sekhusus apapun tidak dapat dengan mudah melihat, memeriksa atau mengacak-acak catatan aliran transaksi itu. Coba anda tanya pada teller (petugas bank) beberapa hal yang sederhana tentang rekening orang lain, seperti nama, atau tempat tinggal. Apakah akan dijawab. Tidak akan. Semuanya yang menyangkut tentang hal itu bersifat privasi.
  2. Tinjauan Sikap para petinggi E-gold.com. Saya melihat, sikap para petinggi E-gold.com yang tenang-tenang saja menghadapi berbagai proses pengadilan sejak tahun 1986 merupakan gambaran betapa yakinnya mereka dengan apa yang mereka lakukan. Mereka memiliki keyakinan 100% akan lolos hukum. Lolos hukum ini bisa jadi karena mereka mampu menyembunyikan sedemikian rupa kejahatan mereka (kalau mereka memang melakukan tindak kejahatan), atau karena mereka memang tidak melakukan kejahatan. Setidaknya hal ini tidak berpengaruh apa-apa pada nasabah. Bandingkan dengan Omnipay.com yang langsung memindahkan seluruh asetnya ke Afrika untuk menghindari investigasi yang sama. E-gold.com tidak melakukan hal itu.
  3. Tinjauan Bisnis. Saya mencurigai ada pihak ketiga yang ikut bermain memanfaatkan kondisi ini. Karena sering, info tentang kasus E-gold ujung-ujungnya nawarin untuk buka account di sistem penyimpanan yang semacam E-gold ini, dan meminta memindahkan seluruh aset E-gold ke dalam account baru ini. Bahkan promosinya memanfaatkan nama besar E-gold dengan menyebutkan "the next E-gold". Bagi saya, ini jelas motif persaingan bisnis.
Nah... dari penjelasan saya, rasa-rasanya kita tidak perlu panik. Nikmati aja. Lagian kalau mau tutup, iya sih langsung dibekukan begitu aja. Ingat kasus likuidasi perbankan Indonesia! Kan ada pemberitahuan lebih dulu. Trus, para nasabah dananya dijamin atau setidaknya diperkenankan menarik dulu dana kita.
Namun bagaimanapun juga ini adalah analisa saya pribadi. Sampai sekarang saya masih menyimpan dolar saya ke E-gold tanpa memindahkannya sepeserpun. Kalau teman-teman punya informasi yang lain silahkan berikan komentar. Semoga membantu.

4 komentar:

Pascal mengatakan...

WADUH GAWAT NIH!!!!, kapan yah e-Gold ditutupnya? TAK SOBEK-SOBEK!!!!!!! tak sobek e-gold ê!

Konsultan Gratisan mengatakan...

Gak usah kawatir. Kan udah aku bilang ini cuma trik bisnis.

Link Promo mengatakan...

Iya bener tuh... isu kayak gini udah dari dulu ada. Tapi buktinya e-gold masih manteng adem ayem aja tuh sampe sekarang hehe...

Anonim mengatakan...

Kemarin saya iseng-iseng membuka rekening e-gold saya ehh.. ternyata gk bisa dibuka karena kita disuruh mengisi tax personal number alias no. NPWP nach gimana bagi yg blm pny mau gk mau kita harus daftarkan diri kita dulu sbg wajib pajak utk dapetin no. NPWP.