New Comments

Archive

Install Printer Epson C90 di Mandriva

Ini pengalamanku pertama kali migrasi ke Linux Mandriva 2007, terutama ketika kesulitan mencari driver Epson C90. Setelah coba-coba akhirnya ketemu juga.
Didasari oleh rasa jengkel karena sering dibobol berbagai virus, penjualan CD bajakan windows yang mulai dibatasi. Akhir bulan ini aku mulai ganti OS-ku ke linux, tepatnya pake Mandriva 2007. Kesan pertama sungguh mengesankan. Keinginan migrasi ke Linux sebenarnya udah lama. Sempat juga pake Mandrake 10.0, tapi ga lama. Karena sesuatu hal harus install ulang. Karena males install lagi akhirnya aku biarkan saja dan kembali ke selera asal, Windows. Tapi kali ini windowsku trouble lagi, dan harus install. Maka aku coba install pake XP. Ealah ...
CD Windows XP ku ngadat, coba beberapa kali tetep ga bisa. Cari pinjaman, ga ada. Bingung. Ada teman nawari sekalian migrasi ke Linux. Sempat install pake Mandrake lagi, tapi, versi Mysql cuma 4, padahal aku butuh versi 5. Akhirnya dikasih seorang teman CD Mandriva 2007. Pas pake, aku langsung suka.
Selama ini aku enggan migrasi ke Linux karena merasa harus belajar lagi muali awal. Ngerasa o'on aja. Pas pake Mandriva pertama kali, ngerasa ga jauh beda ama windows. Cuma ngerasa ada suasana yang beda, lebih fresh. Mulai sekarang aku pake Mandriva.
Nah... pas mau pasang printer, masalah/cobaan baru datang. Printerku pake Canon Pixma, tahu kan, Canon tidak ngeluarin driver Pixma untuk Linux. Coba cari info sana-sini ga dapet. Kata temen-temen, kalau pake Linux suruh ganti ke Epson aja. Kebetulan saudaraku barusan pake epson C90, tapi sebenarnya dia pingin pake Pixma. Akhirnya aku tawarin untuk tukaran. Syukur dia mau.
Dengan gembira aku coba install drivernya, ternyata di Mandriva yang ada hanya sampai C88. Bingung ! Nanggung banget sih Mandriva nih. Ngapain C90 ga dimasukkin sekalian. Akhirnya sambil mangkel, aku cobain satu persatu driver yang ada mulai dari C88, C86, dst. Pas sampe C69 aku udah putus asa. Kayaknya takdirku jelek nih ama Linux. Saat itu printer udah mau aku matiin, sambil nggerutu dalam hati.
Tapi ga tau kenapa, ada keinginan pingin coba sekali lagi. Maka aku coba install pake driver C68. Ga disangka, malah bisa. Keren kan. Moodku ke Linux jadi optimis lagi. Kayaknya masih akan banyak cobaan sih, tapi aku optimis akan ada jawabannya.
Oleh karena itu, jika ada yang butuh driver Epson C90 untuk diinstall ke Linux, coba aja install driver C68. Semoga berhasil.


2 komentar:

kucrut mengatakan...

makasih banyak infonya!

Anonim mengatakan...

saya pake mandriva 2009, tapi sewaktu mau coba install drive epson c90 driver c68 kok ga ada ya mas. mohon info dan petunjuknya